Tertib Arsip, Tertib Administrasi

Selasa, 06 Oktober 2015 | komentar

Untuk tahun 2015 ini, Desa merupakan agen perubahan. Di Era Presiden RI Joko Widodo, pusat pembangunan ada di Desa, karena berdasar Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa.
Kepala Perpus dan Arsip Karanganyar
saat menyampaikan maksud dan
 tujuan terselenggaranya Bimtek
Desa akan mendapat anggaran besar sehingga keberadaan arsip amatlah penting.
“ Program Presiden RI sesuai dengan apa yang menjadi misi Pemerintah Karanganyar salah satunya Desa sebagai Pusat Pertumbuhan. Jadi di Desa akan banyak anggaran dan harus dikelola dengan baik. Jangan jadi bumerang, maka administrasi dan arsip harus tercatat disana, karena dengan adanya arsip sangat membantu untuk mempermudah pelaksanaan kegiatan,”
terang Asisten Administrasi Setda Karanganyar Basuki Waluyo pada Bimbingan Teknis Tata Kelola Surat dan Kearsipan Bagi Perangkat Desa, Selasa (06/10/2015) di Ruang Podang II Kantor Sekretariat Daerah Karanganyar.
Pentingnya Keberadaan Arsip.
 elanjutnya pada kesempatan tersebut, Kepala Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Karanganyar Susamti menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan Bimtek ini adalah untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya perangkat desa guna mewujudkan Desa sebagai pusat pertumbuhan, menuju tertib arsip Desa dan administrasi Desa serta menata kembali tata kelola desa.
Pada Bimbingan Teknis Tata Kelola Surat dan Kearsipan tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Arsip dan Kepegawaian Umum Provinsi Jawa Tengah, Widhi Setyawan yang menekankan bahwa unsur-unsur pengertian arsip merupakan informasi terekam, memiliki bentuk media yang nyata (dapat dilihat, dibaca, diraba, didengar) dan arsip memiliki fungsi dan kegunaan.
Dimana fungsi utama arsip adalah memelihara akumulasi arsip dinamis, Arsip sangat unik dan tidak ada di tempat lain (karena keunikan ini tidak terdapat pada koleksi perpustakaan) serta arsip tercipta sebagai akibat aktivitas fungsional dari suatu organisasi oleh karena itu antar arsip seringkali memperlihatkan adanya keterkaitan informasi sebagai satu kesatuan unit informasi/kelompok berkas.
sumber : www.karangayarkab.go.id
Share this article :
 
Support : Creating Website | Mas Dikin Template | Suport By Mas Iyan
Copyright © 2011. Pemerintah Desa Tugu - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Dikin Art
Proudly powered by Sekretariat Desa